Senin, 18 Juni 2012

Tips Bekerja di Lingkungan Baru



Baru lulus sekolah dan Anda karyawan baru sulit untuk beradaptasi di tempat anda yang baru, berikut ini tips-tips cara beradaptasi di tempat kerja yang baru????? Apa lagi anda pegawai yang sering berpindah-pindah temapat kerja?? Disini tips-tips untuk anda selamat membaca!!

Bekerja di lingkungan kerja baru membutuhkan penyesuaian. Meski seseorang pernah bekerja dan memiliki banyak pengalaman, tetapi di lingkungan kerja baru seseorang akan menghadapi kondisi tempat kerja yang berbeda, orang-orang yang masih asing, butuh rekonstruksi/menata diri. Kadangkala kita harus selangkah mundur agar diterima dengan baik di tempat yang baru.  Jangan harap orang lain akan mendatangi anda untuk berkenalan tapi anda lah yang harus aktif memperkenalkan diri anda alias pandai-pandai melihat situasi dan kondisi. Pada situasi ini, orang baru pasti menjadi sorotan dan menjadi pusat perhatian.

Kesulitan penyesuaian terhadap lingkungan kerja baru yang berkepanjangan, akan membuat yang bersangkutan tidak nyaman, tidak kerasan dan pada akhirnya sulit berprestasi. Kalau kondisinya seperti ini, maka ia harus mencari tempat kerja baru lagi. Tapi sampai kapan kalau terus berulang?

Seseorang yang kesulitan menyesuaikan diri, cenderung menyalahkan suasana, kondisi atau  orang lain, bahkan menyalahkan tempat kerjanya yang tidak atau kurang profesional.  Situasi  ini menunjuk bahwa sumber permasalahan berasal dari personal yang bersangkutan. Karyawan seperti ini cenderung melihat kepentingannya sendiri. Kalau ia terus seperti itu, ia tidak akan betah. Dan ia tak akan bisa berkarya dan meniti karir dengan baik, kecuali mentalnya berubah,"

Pegawai yang baik adalah orang yang selalu bisa menempatkan diri dan memberikan nilai tambah (added value) pada tempat di mana ia berada dan bekerja. Berikut beberapa tips dan trik bagi  seorang pegawai untuk dapat menyesuaikan diri di tempat kerja yang baru:

Pertama:

Datang lebih awal dari waktu kerja yang ditetapkan dengan pakaian yang rapi, karena itu akan memberi kesan bahwa anda adalah seseorang yang siap "diatur", bukan "mengatur" atau "seenaknya". Kedatangan lebih awal juga bisa digunakan untuk berkenalan dan mencari "sahabat dekat" di tempat kerja.

Pada umumnya, sebagai orang baru anda akan diperkenalkan oleh bagian personalia  dengan karyawan lainnya. Bagaimana kalau tidak? Tak ada salahnya anda memperkenalkan diri sendiri, tanpa menyebut posisi dan mencari tahu kepada siapa anda harus berhubungan.

Kedua:

Mencari informasi yang berkaitan dengan pekerjaan di tempat baru anda seperti tentang tugas pekerjaan, peraturan kantor dan berbagai sarana di tempat kerja. Ada atasan yang kurang suka pada pertanyaan yang detail dan panjang, tapi cara memperoleh informasi itulah yang perlu dipertimbangkan.

Ketiga:

Mempelajari file lama yang ada akan mempermudah anda bekerja mandiri, sehingga pertanyaan-pertanyaan hanya dilakukan kalau memang perlu. Ini berarti anda tidak merepotkan karyawan lain.

Keempat:

Menolak pekerjaan tambahan dan yang bukan jadi bidangnya adalah rapor merah bagi orang baru yang masih dalam status masa percobaan/cpns. Karyawan seperti ini meskipun benar tapi akan mendapat cap "terlalu berhitung", penuntut dan kerjanya pas-pasan; biasanya dihindari atasan dan pemilik perusahaan. Menyelesaikan pekerjaan tepat waktu adalah tuntutan, tapi tetap bekerja di luar jam kerja adalah kontribusi plus yang dicatat.

Kelima:

Setiap manusia punya tipe, karakter dan sifat yang berbeda. Karena itu perlu sosialisasi yang baik agar bisa menerima perbedaan dan juga kritikan. Anda tak perlu panik dan putus asa kalau ada complain dan kritik. Dalam pekerjaan, hal seperti itu biasa. Menerima kritik adalah proses belajar yang cepat, daripada ngotot yang belum tentu benar dan melelahkan.



Jadilah karyawan profesional yang aktif, selalu bekerja keras dan tetap optimistis, tidak pasif . Komunikasi adalah salah satu cara untuk menunjukkan kapasitas dan kemampuan berpikir, disamping  hasil kerja. Seorang yang bekerja baik tapi tidak bisa mengkomunikasikan pikiran-pikirannya, hanyalah dianggap sebagai karyawan baik dan standar.





Baiklah teman-teman semoga tips-tips ini bermanfaat bagi anda, selamat mencoba. SUKSES!!!


http://bkd.jogjaprov.go.id/detail/id/article/217

Tidak ada komentar:

Posting Komentar