Baru lulus sekolah dan Anda karyawan baru sulit untuk
beradaptasi di tempat anda yang baru, berikut ini tips-tips cara beradaptasi di
tempat kerja yang baru????? Apa lagi anda pegawai yang sering berpindah-pindah
temapat kerja?? Disini tips-tips untuk anda selamat membaca!!
Bekerja
di lingkungan kerja baru membutuhkan penyesuaian. Meski seseorang pernah
bekerja dan memiliki banyak pengalaman, tetapi di lingkungan kerja baru
seseorang akan menghadapi kondisi tempat kerja yang berbeda, orang-orang yang
masih asing, butuh rekonstruksi/menata diri. Kadangkala kita harus selangkah
mundur agar diterima dengan baik di tempat yang baru. Jangan harap orang lain akan mendatangi anda
untuk berkenalan tapi anda lah yang harus aktif memperkenalkan diri anda alias
pandai-pandai melihat situasi dan kondisi. Pada situasi ini, orang baru pasti
menjadi sorotan dan menjadi pusat perhatian.
Kesulitan
penyesuaian terhadap lingkungan kerja baru yang berkepanjangan, akan membuat
yang bersangkutan tidak nyaman, tidak kerasan dan pada akhirnya sulit berprestasi.
Kalau kondisinya seperti ini, maka ia harus mencari tempat kerja baru lagi.
Tapi sampai kapan kalau terus berulang?
Seseorang
yang kesulitan menyesuaikan diri, cenderung menyalahkan suasana, kondisi
atau orang lain, bahkan menyalahkan
tempat kerjanya yang tidak atau kurang profesional. Situasi
ini menunjuk bahwa sumber permasalahan berasal dari personal yang
bersangkutan. Karyawan seperti ini cenderung melihat kepentingannya sendiri.
Kalau ia terus seperti itu, ia tidak akan betah. Dan ia tak akan bisa berkarya
dan meniti karir dengan baik, kecuali mentalnya berubah,"
Pegawai
yang baik adalah orang yang selalu bisa menempatkan diri dan memberikan nilai
tambah (added value) pada tempat di mana ia berada dan bekerja. Berikut
beberapa tips dan trik bagi seorang
pegawai untuk dapat menyesuaikan diri di tempat kerja yang baru:
Pertama:
Datang
lebih awal dari waktu kerja yang ditetapkan dengan pakaian yang rapi, karena
itu akan memberi kesan bahwa anda adalah seseorang yang siap
"diatur", bukan "mengatur" atau "seenaknya".
Kedatangan lebih awal juga bisa digunakan untuk berkenalan dan mencari
"sahabat dekat" di tempat kerja.
Pada
umumnya, sebagai orang baru anda akan diperkenalkan oleh bagian personalia dengan karyawan lainnya. Bagaimana kalau
tidak? Tak ada salahnya anda memperkenalkan diri sendiri, tanpa menyebut posisi
dan mencari tahu kepada siapa anda harus berhubungan.
Kedua:
Mencari
informasi yang berkaitan dengan pekerjaan di tempat baru anda seperti tentang
tugas pekerjaan, peraturan kantor dan berbagai sarana di tempat kerja. Ada
atasan yang kurang suka pada pertanyaan yang detail dan panjang, tapi cara
memperoleh informasi itulah yang perlu dipertimbangkan.
Ketiga:
Mempelajari
file lama yang ada akan mempermudah anda bekerja mandiri, sehingga
pertanyaan-pertanyaan hanya dilakukan kalau memang perlu. Ini berarti anda
tidak merepotkan karyawan lain.
Keempat:
Menolak
pekerjaan tambahan dan yang bukan jadi bidangnya adalah rapor merah bagi orang
baru yang masih dalam status masa percobaan/cpns. Karyawan seperti ini meskipun
benar tapi akan mendapat cap "terlalu berhitung", penuntut dan
kerjanya pas-pasan; biasanya dihindari atasan dan pemilik perusahaan.
Menyelesaikan pekerjaan tepat waktu adalah tuntutan, tapi tetap bekerja di luar
jam kerja adalah kontribusi plus yang dicatat.
Kelima:
Setiap
manusia punya tipe, karakter dan sifat yang berbeda. Karena itu perlu
sosialisasi yang baik agar bisa menerima perbedaan dan juga kritikan. Anda tak
perlu panik dan putus asa kalau ada complain dan kritik. Dalam pekerjaan, hal
seperti itu biasa. Menerima kritik adalah proses belajar yang cepat, daripada
ngotot yang belum tentu benar dan melelahkan.
Jadilah
karyawan profesional yang aktif, selalu bekerja keras dan tetap optimistis, tidak pasif . Komunikasi adalah salah satu cara
untuk menunjukkan kapasitas dan kemampuan berpikir, disamping hasil kerja. Seorang yang bekerja baik tapi
tidak bisa mengkomunikasikan pikiran-pikirannya, hanyalah dianggap sebagai
karyawan baik dan standar.
Baiklah
teman-teman semoga tips-tips ini bermanfaat bagi anda, selamat mencoba.
SUKSES!!!
http://bkd.jogjaprov.go.id/detail/id/article/217
Tidak ada komentar:
Posting Komentar